ads

LATEST UPDATES

panduan menginstall dua windows pada 1 pc


Mungkin gak sich menginstall 2 sistem operasi windows/dual boot O.S windows (versi yang sama atau berlainan) pada satu komputer/PC, jawabnya adalah mungkin, namun dengan catatan harus sesuai dengan prosedurnya ..

lalu seperti apa prosedur untuk dapat menggunakan 2 (dua) windows pada 1 (satu) pc/komputer, baik itu keduanya windows dengan versi yang sama atau berlainan versi windowsnya, berikut prosedur ataupun syarat-syaratnya :

1. Pastikan bahwa spasifikasi komputer anda (hardware) memenuhi syarat installsi windows untuk versi yang terupdate/terbaru yang ingin anda install
2. Harddisk haruslah dipartisi menjadi 2 drive (link :cara mempartisi harddisk), yaitu drive c: dan drive d: dan volume kedua drive haruslah sesuai dengan ketentuan space minimum harddisk untuk installasi full (contohnya untuk windows xp space harddisk haruslah diatas 1 gb).

3. Perhatikan jenis File system (usahakan ke-2 drive sama file systemnya; lihat tabel)
4. Masing-masing windows harus di install pada drive yang berbeda (tidak boleh sama)
5. Untuk menginstall windows dengan versi yang berbeda, windows pertama yang diinstall haruslah windows dengan versi terlama dan yang kedua windows dengan versi terbaru (diatas versi yang pertama).
Misalkan ingin diinstall windows 98se dan windows xp, maka tahapan prosedur yang benar adalah menginstall pertama kali windows 98se dan yang kedua windows xp.
6. Perhatikan cara penginstallasian kedua windows dibawah ini.

MS-DOS
FAT

Windows 3.1
FAT

Windows NT
FAT, NTFS

Windows 95
FAT

Windows 95 OSR2
FAT, NTFS

Windows 98
FAT, NTFS

Windows Millennium Edition
FAT, NTFS

Windows 2000
FAT, FAT32, NTFS

Windows XP (Professional and Home Edition)
FAT, FAT32, NTFS

Note : Sekedar info bahwasanya tipe file sistem NTFS tidak dapat terdetect/terbaca oleh windows yang hanya support dengan file system FAT16 & FAT32, Namun untuk NTFS dapat mendetect/membaca data yang terdapat di drive bertipe file sistem FAT 16/32.


Tahapan Menginstall 2 Windows berlainan versi : (contohnya: windows 98se dan windows xp)

Saya berikan contoh kasus jika komputer yang rekan miliki ingin di install dengan windows 98se (pada drive c: ) dan windows xp (drive d: ), berikut masing-masing tahapannya :

A. Menginstall windows 98se (pada drive c:)
1. Masukkan Cd Master Windows 98se yang bootable (dapat digunakan sebagai booting ke DOS dan melakukan setup otomatis)
2. Masuklah ke BIOS Setup (biasanya dengan menekan tombol “del” ketika pc restart)
3. Settinglah untuk 1St (first) boot-nya cd-rom drive anda.
4. Simpan settingan bios lalu exit dan restart pc, biarkan hingga pc booting dengan media drive cd master windows 98se anda, tekan sembarang tombol keyboard jika tampil pesan “press any key booting from cd...)
5. Pada pilihan drive installasi windows pilihlah drive C: selanjutnya ikuti proses installasi hingga selesai.
6. Pastikan windows 98se telah sukses di install

B. Menginstall windows xp (pada drive d:)
1.Ikuti point 1-3 (dengan cd master windows Xp)
2.Pada pilihan drive installasi windows pilihlah drive D: selanjutnya ikuti proses installasi hingga selesai.
3.Pastikan windows XP telah sukses di install.

Ketika 2 windows telah selesai diinstall akan muncul 2 baris text atau pilihan windows versi mana yang akan anda jalankan (welcome screen) dan pilihannya dibedakan dengan tanda highlight/blok terang pada saat PC booting atau ketika pc baru anda nyalakan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil .... ??

Note : Saya indikasikan bahwasanya rekan sekalian pernah melakukan install windows, jika rekan belum pernah sama sekali melakukan installasi windows, maka cara diatas tidak akan cukup untuk dimengerti/tidak detail...





Share This :

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Berguna

 

Top