ads

LATEST UPDATES

Penghijauan Sekolah

 

 

 

Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status: dalam ruang atau luar ruang, dalam ruang dan luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan luar sekolah.

Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.

Hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Green School :

  • Pengelolaan limbah/ sampah dan air
  • Landscaping dan penghijauan
  • Perawatan fisik bangunan dan lingkungan
  • Sekolah menjadi pusat penghijauan (green school) yang bermanfaat bagi lingkungan

Hal hal yang berhubungan dengan Sekolah Hijau, yaitu Lingkungan adalah semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan, sedangkan Lingkungan hidup itu sendiri adalah gabungan dari faktor kimiawi dan hayati yang dapat mempengaruhi kelangsungan kehidupan serta kesejahteraan makhluk hidup. Hijau wujud nyata dalam upaya pada salah satu bagian kegiatan manusia dalam mengolah lingkungan hidupnya dengan harapan dan tujuan agar tetap tercipta lingkungan hidup yang tidak meninggalkan sifat-sifat alami yang manusiawi.

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang bebas dari kotoran dan keindahan adalah tampilan yang cantik, bagus, elok, nyaman, segar dan sehat

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan ruang-ruang dalam sekolah atau wilayah yang luas dimana dalam penggunaannya pada dasarnya tanpa bangunan.

Share This :

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Berguna

 

Top